Rabu, 22 Mei 2024
TUTUP MENU

Apakah Webinar

Salam Bahagia Bapak Ibu

Pada artikel kali ini kita akan membahas makhluk yang sering disebut webinar, apa webinar, fungsi webinar, jenis webinar, dan aplikasi webinar dari merdeka belajar yang sering digunakan oleh guru saat ini.

Dengan webinar ini diharapkan mampu untuk membantu kegiatan dan aktivitas guru untuk saling terhubung dan membagikan berbagai informasi secara lebih efisien dan memperdalam wawasan di berbagai bidang

Saat ini dunia pendidikan membutuhkan guru yang mahir dalam menggunakan teknologi, tapi nggak ada salahnya juga memahami dasar bidang lain. dengan webinar bapak ibu bisa memperdalam wawasan keilmuan yang bisa diterapkan dan bermanfaat untuk menunjang karir guru.

Menghemat waktu dan pengeluaran

Mengikuti  webinar menjadi alternatif kegiatan belajar yang fleksibel, bapak ibu tidak keluar rumah dan mengeluarkan banyak waktu dan biaya, bapak ibu sudah bisa mendapat materi lewat webinar tersebut, dan pastinya bapak ibu punya banyak waktu lebih untuk mengerjakan aktivitas lainnya.

Saat ini Platform Merdeka Belajar atau sering disingkat PMM bisa digunakan oleh gadget bapak ibu, jadi kalau ketinggalan webinar langsung, bapak ibu bisa mengikutinya di lain waktu karena akses belajar makin mudah, cukup modal kuota internet dan perangkat digital kita sudah bisa belajar sambil rebahan.

 

E-sertifikat yang mendukung karir

Beberapa webinar juga menyediakan e-sertifikat untuk para peserta. Sertifikat pelatihan dan seminar dibutuhkan untuk masuk ke dunia kerja. E-sertifikat akan menjadi bukti, juga nilai tambah angka kredit bapak ibu, dinilai memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang bidang tersebut dan perlu digaris bawahi juga, e-sertifikat dari webinar hanya tambahan, yang terpenting kita benar-benar memahami materi webinar dengan baik.

Memiliki efektivitas dalam memperkenalkan pengalaman

Untuk menunjukan kelebihan dari karir yang kita miliki. dengan begitu, peserta webinar akan lebih memahami setiap informasi dan kegunaan dari ilmu / pengalaman atau keahlian yang kita implementasikan.

Memperluas jaringan

Dalam sesi webinar, kamu akan bertemu banyak orang dengan latar belakang yang berbeda. Ini bisa jadi kesempatan kamu untuk berinteraksi dan memperluas koneksi. Beberapa webinar seperti webinar dari PMM bisa memberikanmu akses untuk menambah pengetahuan tentang Kurikulum Merdeka Belajar dan lain lain, disana kita bisa bertemu dengan pengajar ahli lain dan para pakar di bidang pendidikan yang berpengalaman.

Kesempatan sharing dan diskusi dengan pakar ternama

Webinar seringkali diisi oleh pemateri/narasumber berpengalaman di suatu bidang yang selain berkompeten juga punya nama. Saat webinar tersebut memberikan sesi diskusi/tanya jawab, jangan sia-siakan kesempatan itu untuk bertanya dan sharing langsung dengan pakarnya.

Manfaat dari webinar

Webinar online memiliki berbagai manfaat yang dapat diperoleh tidak hanya dari sisi pemasar saja. Namun pemateri dan peserta webinar online juga mendapatkan berbagai keuntungan di dalamnya.

      1. Manfaat bagi peserta

Apabila anda menjadi peserta webinar online, maka anda juga akan mendapatkan banyak ilmu tambahan dari berbagai sumber dan pemateri seminar. Jadi, webinar adalah sebuah wadah untuk menghubungkan anda dengan pemateri sesuai dengan ilmu yang ingin anda kuasai.

      2. Manfaat bagi pemasar

Bagi pemasar, webinar adalah salah satu media marketing paling efektif untuk dapat meningkatkan brand awareness. Semakin produk anda dikenal oleh pengunjung, maka juga akan meningkatkan kredibilitas dari bisnis atau produk anda.

      3. Manfaat bagi pemateri

Kemudian, bagi pemateri sendiri webinar adalah peluang untuk menambah jam terbang serta membagikan atau sharing pengalaman dan keahlian yang dimilikinya. Selain itu, pemateri juga dapat meningkatkan skill berkomunikasi atau public speaking di depan banyak peserta web seminar.


Eksplorasi konten lain dari Mitra Guru

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Post Terkait

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

KELUAR
wpChatIcon

Eksplorasi konten lain dari Mitra Guru

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca