Minggu, 23 Jun 2024
TUTUP MENU

Augmented Reality

Apakah sebelumnya mitra pernah mendengar istilah Augmented Reality? kalo belum, tutorial kali ini akan jawab apa itu Augmented Reality atau juga dikenal dengan singkatan AR adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi dalam lingkungan nyata, lalu memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata.  Adapun fungsi AR adalah untuk menampilkan objek digital yang dapat dilihat melalui kamera ponsel atau perangkat lainnya.

Assemblr

Augmented Reality adalah teknologi paling baru dari reality. Nah, ada salah satu aplikasi di mana mitra bisa membuat project Augmented Reality versi mitra. Aplikasi tersebut adalah Assemblr. Assemblr merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang bergerak di bidang Augmented Reality. Assemblr berdiri sebagai sebuah ekosistem. Ada tiga produk Assemblr yang digunakan di berbagai negara untuk memenuhi kebutuhan di beragam industri. Produk pertama adalah Assemblr itu sendiri (Assemblr berfokus pada konten tiga dimensi, komersial, konstruksi, dan interior design). Selanjutnya ada Assemblr Edu (berfokus pada kegiatan pembelajaran dan pendidikan). Dan yang terakhir adalah Assemblr Studio 2.o Web Creator (berfokus untuk membuat materi sendiri dari 3D).

Assemblr Edu

Perkembangan teknologi yang pesat ini jika pendidik lalai beradaptasi dan mempelajari teknologi, maka wawasan dunia teknologi akan hilang. Anak-anak jaman sekarang lebih menyerap materi dari media sosial dan visualisasi. Anak lebih mudah mengadaptasikan aplikasi atau teknologi yang ada. Assemblr Edu memiliki berbagai daya manfaat bagi para penggunanya. Di antaranya, yaitu visualisasi dan dapat memperjelas hal abstrak menjadi mudah untuk dijelaskan. Di Assemblr Edu juga ada objek 3D yang bisa diakses setiap harinya, sehingga mitra bisa memakai objek-objek secara tak terbatas. Selain itu, ada juga banyak pelajaran yang bisa diakses di sana, seperti fisika, matematika, dll.

Membuat Kuis Interaktif dengan Assemblr Studio Web Creator

Yang menarik dari Assemblr kali ini adalah mitra bisa membuat kuis interaktif menggunakan Augmented Reality dalam aplikasi Assemblr kepada para audiens.

Mitra dapat membuat project Augmented Reality versimu sendiri melalui Assemblr Studio Web Creator. Di sana sudah ada pilihan objek 3D yang telah disiapkan tim Assemblr. Mitra bisa bebas berkreasi membuat apa yang mitra inginkan. Mitra tinggal log-in aplikasinya, ikuti petunjuknya, dan mulai membuat karya Augmented Reality karyamu sendiri. Selamat mencoba!

Mitra bisa lihat sample dibawah ini

Kuis Seni Budaya

Demikian Paparan Augmented Reality, moga bisa bermanfaat bagi kita semua, sampai jumpa pada tutorial selanjutnya, Cara menggunakan Augmented Reality


Eksplorasi konten lain dari Mitra Guru

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Post Terkait

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

KELUAR
wpChatIcon
wpChatIcon

Eksplorasi konten lain dari Mitra Guru

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca