Senin, 17 Jan 2022
  • Kolaborasi Mitra Guru dengan Mitra Nagari

Lokakarya Perdana

Lokakarya Perdana

Kegiatan yang dilakukan guru penggerak pada lokakarya perdana kabupaten Pesisir Selatan Angkatan 4.

  1. Pembukaan Lokakarya
    Pada sesi ini berisi tentang Sambutan dan Paparan Tentang Program Guru Penggerak Oleh P4TK Matematika, Sambutan Kepala Dinas Kabupaten Pesisir Selatan SUHENDRI,S.Pd,M.Si dan Kacabdin Pendidikan Pessel Bapak Mahyan, S.Pd, MM
    Paparan tentang program guru penggerak yaitu: Program Guru Penggerak adalah program pengembangan profesi terkait kepemimpinan bagi guru. Program Guru Penggerak mendidik guru sebagai pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistic, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujdukan profil pelajar Pancasila.

     

    Dalam program ini, Calon Guru Penggerak akan mengikuti pendidikan selama 9 bulan yang berupa pelatihan daring, lokakarya dan pendampingan. Dalam program ini, Calon Guru Penggerak akan belajar bersama Fasilitator dalam pelatihan daring dan Pendamping yang akan memandu lokakarya dan melakukan pendampingan individu. Selain fasilitator dan pendamping, Calon Guru Penggerak diharapkan dapat belajar dari murid, kepala sekolah dan rekan sejawat baik sesama CGP maupun rekan guru lain di sekolah.

Lokakarya perdana hari ini adalah orientasi bagi Guru dan Kepala untuk dapat memaksimalkan perannya untuk kemajuan sekolah.

  1. Agenda dan Tujuan Lokakarya
    Penjelasan agenda lokakarya memuat tentang beberap hal berikut.
    Pertama, kita akan melakukan permainan perkenalan agar tim besar ini saling kenal lebih dekat
    Kedua, kita akan bersama-sama membuat kesepakatan kelas agar kegiatan pada hari ini berjalan lancer
    Ketiga, kita akan memetakan harapan dan kekhawatiran selama proses Pendidikan Guru Penggerak dan menyusun strategi agar harapan terpenuhi dan kekhawatiran dapat dikurangi
    Keempat, kita akan memetakan perjalanan calon guru penggerak. Sesi ini bertujuan untuk memberi gambaran kepada calon guru penggerak dan kepala sekolah tentang proses pendidikan guru penggerak, apa saja yang akan dilalui dan dikerjakan guru penggerak dan kolaborasi apa yang dibutuhkan guru penggerak dan kepala sekolah
    Berikutnya, kita lakukan dengan membuat komitmen bersama dan diakhiri dengan proses refleksi sebelum penutupan.
  2. Games perkenalan diri
    Perkenalan diri bertujuan agar pendamping, fasilitator dan peserta saling mengenal. Di sesi ini peserta menuliskan informasi tentang dirinya dan momen paling membanggakan menjadi guru/kepala sekolah
  3. Kesepakatan Kelas
    Membangun kesepakatan kelas selama lokakarya sangat penting dilakukan agar kegiatan dapat berlangsung dengan baik. Pada sesi ini Pendamping memandu jalannya kesepakatan kelas, mencatat hasil diskusi dan memvisualisasikannya sepanjang diskusi. Pendamping memulai sesi kesepakatan kelas agar kegiatan kita hari ini lancar, nyaman untuk semua orang dan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Contohnya, saya usulkan agar kita semua selalu hadir tepat waktu setelah istirahat-istirahat. Sepakat?
  4. Harapan dan Kekhawatiran
    Pada sesi yang pertama ini adalah sesi tentang harapan dan kekhawatiran. Setiap orang di dalam kelompok harus menceritakan 2 harapan dan 2 kekhawatiran. Harapan yang dimaksud bisa terkait pengetahuan dan keterampilan yang akan didapatkan selama program, proses belajar selama program dan hal-hal lain yang mempengaruhi proses belajar bapak ibu selama program. Kekhawatiran adalah hal-hal yang bapak ibu harapkan tidak terjadi selama program.
  5. Perjalanan Calon Guru Penggerak
    Pada sesi ini akan ada Pembagian kelompok dan penjelasan sesi, Diskusi kelompok, Presentasi kelompok, Tanya jawab dan penutup.
    Pada sesi ini, dilaksanakan kegiatan sebagai berikut.
    Untuk kelompok Calon Guru Penggerak
    Pertama, diskusikan: Apa yang perlu dilakukan CGP untuk memastikan tujuan pembelajarannya tercapai dan dukungan apa yang dibutuhkan?
    Kedua, buatlah rencana belajar Anda selama 2 bulan ke depan. Tulis 5 hal penting yang perlu Anda lakukan sebelum Pendidikan Guru Penggerak dimulai. Identifikasi juga orang-orang yang dapat membantu Anda selama mengikuti Program Guru Penggerak.

     

    Untuk kelompok kepala sekolah
    Diskusi bisa membantu proses transformasi sekolah? Dukungan apa yang Kepala Sekolah bisa berikan kepada Calon Guru Penggerak.
    Peta perjalanan Calon Guru Penggerak sebagai peta perjalanan transformasi pendidikan di sekolah Bapak dan Ibu Guru. Calon Guru Penggerak akan belajar paket modul secara daring melalui LMS Moodle. Dalam pembelajaran daring Anda akan ditemani oleh fasilitator kelompok dan rekan sejawat dari satu kabupaten.
    Setiap paket modul harus Anda selesaikan selama dua bulan. Setiap bulan Bapak/Ibu Guru akan mengikuti Lokakarya dan kami para pendamping akan berkunjung ke sekolah Anda untuk mengobservasi proses belajar, berdiskusi tentang tantangan dan strategi penerapan materi-materi PGP di sekolah.

    Bapak dan Ibu kepala sekolah kembali pada lokakarya bulan ke-3 dan ke-7. Lokakarya bulan ke-7 akan spesial karena Lokakarya bulan ke-7 adalah proyek bersama yang akan diisi dan dikelola oleh seluruh Calon Guru Penggerak di kabupaten/kota ini. Pada bulan ke-9 Guru Penggerak akan menyelesaikan pendidikan guru penggerak.
    Calon Guru Penggerak akan meminta umpan balik kepada bapak ibu kepala sekolah pada bulan ke-2, ke-5 dan ke-8 sebagai bagian dari refleksi Calon Guru Penggerak.

    Bapak dan Ibu Kepala Sekolah dan Calon Guru Penggerak, transformasi sekolah dan tercapainya hasil belajar yang maksimal bagi murid-murid kita adalah hasil capaian program yang ingin kita lihat. Jadi kolaborasi di antara kita semua adalah kunci keberhasilan program.

  6. Komitmen bersama
    Pada sesi ini, peserta menuliskan komitmen, dan membacakan komitmen. Diharapkan agar peserta dapat menjaga komitmen yang telah dibuat
  7.  Refleksi peserta
    Kegiatan akhir ini bertujuan untuk memberikan umpan balik. Refleksi adalah komponen penting dalam setiap aktivitas guru penggerak. Kami percaya bahwa hanya dengan refleksi kita bisa memulai proses pengembangan diri.

Data Pengajar Praktik Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Pesisir Selatan

No Nopes Nama   Satuan Kerja Kab/Kota
7 201501578830 APRINALDI Aprinaldi SMAN 1 BATANG KAPAS Kab. Pesisir Selatan
8 201500867484 MASRI Masri SMAN 2 LENGAYANG Kab. Pesisir Selatan
9 201512477098 SALIM MUHAIMIN Salim Muhaimin SMAN 3 PAINAN Kab. Pesisir Selatan
10 201510652746 SYAMSUL MARDAN Syamsul Mardan SMKN 1 PAINAN Kab. Pesisir Selatan
11 201511707175 ZURYANA Zuryana SMKN 1 PAINAN Kab. Pesisir Selatan
12 201511836871 LILI SURYATI Lili Suryati SMKN 1 SUTERA Kab. Pesisir Selatan
13 201500177009 SALMIATI Salmiati SMP NEGERI 1 LENGAYANG Kab. Pesisir Selatan
14 201511041553 RAHMIYANTI Rahmiyanti SMP NEGERI 2 LENGAYANG Kab. Pesisir Selatan
1 201511142672 ERMAIDA Ermaida SD NEGERI 17 SIMAUNG CUMATEH Kab. Pesisir Selatan
2 201699754523 DERMAWATI Dermawati SDN 02 PANCUNG SOAL Kab. Pesisir Selatan
3 201510648229 SRI REJEKI Sri Rejeki SDN 03 LUNANG Kab. Pesisir Selatan
4 201503607684 DONNI SAPUTRA,S.PD,M.PD Donni Saputra,S.Pd,M.Pd SDN 12 API-API Kab. Pesisir Selatan
5 201501918856 INDRA Indra SDN 36 LABUHAN TANJAK Kab. Pesisir Selatan
6 201510239923 RINA MELATI Rina Melati SDN 37 LUBUK GAMBIR Kab. Pesisir Selatan
15 201510099527 SITI BASYAROTUL ZANAH Siti Basyarotul Zanah TK ANAK SHALEH Kab. Pesisir Selatan
16 201502644176 LIDIA FRANSISKA Lidia Fransiska TK INSAN BANGSA Kab. Pesisir Selatan
17 201502730166 WINARYATI Winaryati TK NURUL QOMARIAH Kab. Pesisir Selatan

Berikut Video Kegiatan Lokakarya Perdana Guru Penggerak Kabupaten Pesisir Selatan Angkatan 4

KELUAR