Kamis, 23 Mei 2024
TUTUP MENU

9 Aplikasi Pembelajaran Sosial-Emosional (SEL) Unggulan untuk Guru: Transformasi Kesejahteraan Siswa

Pentingnya Pembelajaran Sosial-Emosional (SEL) dalam pendidikan telah semakin terbukti di dunia pasca pandemi. Sebuah penelitian terbaru dari Yale School of Medicine menyoroti manfaat signifikan dari fokus SEL yang membantu siswa meraih kesuksesan tidak hanya di sekolah, tetapi juga dalam kehidupan secara keseluruhan. Pembelajaran Sosial dan Emosional membantu siswa memahami dan mengelola emosi, merasakan serta menunjukkan empati terhadap orang lain, membangun hubungan positif, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab. Itulah mengapa, dalam tulisan blog ini saya akan memperkenalkan Mitra pada beberapa aplikasi SEL yang saya rekomendasikan.

Kompetensi-kompetensi berikut yang dikembangkan oleh siswa dengan Pembelajaran Sosial dan Emosional (SEL) berasal dari kerangka kerja CASEL. Mereka mengatasi lima area kompetensi yang luas dan saling terkait:

  1. Kesadaran diri,
  2. Pengelolaan diri,
  3. Kesadaran sosial,
  4. Keterampilan hubungan, dan
  5. Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Lima kompetensi inti SEL di atas merupakan bagian dari segala hal yang dilakukan oleh guru dan siswa di dalam kelas. Mitra dapat dengan mudah menyelipkannya ke dalam bidang mata pelajaran Mitra . Dan Mitra tidak perlu memulai dari awal! Di era pembelajaran digital, ada banyak aplikasi yang dirancang untuk memperkuat kompetensi-kompetensi ini.

9 Aplikasi SEL Berkualitas yang Dapat Digunakan oleh Guru di Kelas untuk Transformasi Kesejahteraan Siswa

Sekarang, mari kita jelajahi beberapa aplikasi SEL teratas untuk berbagai kelompok usia.

Aplikasi SEL untuk siswa sekolah dasar

Pada usia dasar, aplikasi pembelajaran sosial-emosional memberikan siswa sekolah dasar dengan alat interaktif dan menarik untuk memahami dan mengelola emosi mereka dengan efektif. Aplikasi-aplikasi ini membantu mengembangkan keterampilan penting seperti empati dan kerja sama tim, membentuk dasar bagi hubungan antarpribadi yang sukses sepanjang hidup mereka.

ClassDojo ClassDojo menawarkan platform untuk komunikasi antara guru, siswa, dan orang tua. Ini membantu membangun komunitas kelas dan mendorong siswa untuk mengembangkan perilaku positif. Sebuah studi kelompok kecil terhadap siswa kelas satu menemukan bahwa program ClassDojo dapat dikaitkan dengan zona pengembangan proksimal (ZPD) Vygotsky, karena siswa membuat aturan dengan bantuan guru dan kemudian guru menggunakan ClassDojo untuk menopang perilaku siswa yang positif.

GoNoodle GoNoodle bagus untuk gerakan dan kesadaran diri. Ini menawarkan berbagai video dan aktivitas yang dirancang untuk membuat anak-anak bergerak, sehingga membantu mereka fokus dan menenangkan diri.

Aplikasi SEL untuk siswa sekolah menengah

Selama fase transisi masa remaja, aplikasi pembelajaran sosial-emosional menawarkan panduan terstruktur kepada siswa sekolah menengah untuk menavigasi skenario emosional dan sosial yang kompleks.

Smiling Mind Smiling Mind menyediakan meditasi mindfulness yang disesuaikan dengan usia, khusus untuk siswa sekolah menengah. Ini dapat membantu dalam manajemen stres dan fokus.

Headspace for Educators Headspace menawarkan akses gratis untuk guru K-12 (sekolah dasar-sekunder) dan staf pendukung di Amerika Serikat, Britania Raya, Kanada, dan Australia. Headspace dapat membantu siswa membangun kebiasaan sehat yang bertahan seumur hidup.

Aplikasi SEL untuk siswa sekolah menengah atas

Saat siswa SMA mendekati dewasa, aplikasi pembelajaran sosial-emosional menyediakan sumber daya yang disesuaikan untuk menangani tekanan tantangan akademik, perencanaan karir masa depan, dan hubungan personal yang berkembang.

Calm for Educators Calm adalah aplikasi meditasi dan tidur yang dapat sangat membantu bagi siswa SMA yang berjuang dengan stres.

Evernote Evernote dapat membantu siswa mengingat segala sesuatu dan menangani proyek apa pun dengan catatan, tugas, dan jadwal semua dalam satu tempat.

Aplikasi SEL untuk siswa dari segala usia

Untuk siswa dari setiap usia, aplikasi pembelajaran sosial-emosional menawarkan berbagai alat yang sesuai dengan perkembangan untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan keterampilan interpersonal sepanjang perjalanan akademis mereka.

Microsoft Reflect Microsoft Reflect adalah alat yang hebat untuk membangun komunitas yang kuat di kelas saya. Salah satu cara saya memenuhi kebutuhan sosial emosional pembelajar saya adalah melalui Reflect untuk check-in. Reflect tersedia melalui browser web tanpa kebutuhan untuk mengunduh aplikasi terpisah, sehingga menjaga siswa di dalam Lingkungan Tim.

Google: Be Internet Awesome Be Internet Awesome bertujuan untuk mendorong orang tua, pendidik, dan anak-anak untuk menunjukkan semua sifat yang membuat mereka “Menjadi Luar Biasa”.

Dengan segala keunggulan dan dukungan yang ditawarkan oleh aplikasi-aplikasi Pembelajaran Sosial-Emosional (SEL) beserta tips BookWidgets, membawa mereka ke dalam kelas Mitra adalah langkah penting untuk mencapai transformasi kesejahteraan siswa secara holistik. Namun, pengalaman sejati dalam penerapan teknologi ini hanya bisa diperoleh melalui praktik langsung. Jadi, apakah Mitra telah mencoba salah satu aplikasi ini? Bagikan cerita Mitra di kolom komentar di bawah ini! Saya sangat antusias untuk mendengar pengalaman dan pandangan Mitra dalam memperkaya pembelajaran SEL untuk masa depan yang lebih cerah bagi siswa kita.


Eksplorasi konten lain dari Mitra Guru

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Post Terkait

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

KELUAR
wpChatIcon

Eksplorasi konten lain dari Mitra Guru

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca