Sabtu, 22 Jun 2024
TUTUP MENU

Lokakarya 8 “Rencana Kerja” Program Guru Penggerak Angkatan 4 Pesisir Selatan

Lokakarya 8 yang dilaksanakan PGP Angkatan 4 Pesisir Selatan dimaknai oleh seluruh peserta sebagai wadah merenung, menggali dan menelisik kembali setiap rancangan program yang sudah dijalankan. Perjalanan panjang sejak mengikuti lokakarya perdana hingga lokakarya 7 sudah dilalui. Lihat perjalanannya sudah setahun menjadi guru penggerak. Sekarang saatnya untuk menyusun rencana kerja untuk satu tahun ke depan.

Kelas DLokakarya 8 Pendidikan Guru Penggerak

Kelas D
Lokakarya 8 Pendidikan Guru Penggerak

Mengingat moto yang digaungkan guru penggerak yakni: tergerak, bergerak dan menggerakkan. Oleh karena itu kegiatan yang dilakukan bagaimana mengimplementasikan program di sekolah masing-masing. Semoga kegiatan berjalan lancar serta lulus semua.

Guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran yang memajukan potensi murid secara holistik untuk mencapai pengembangan profil pelajar Pancasila. Dengan pembekalan yang sudah dilakukan melalui serangkaian lokakarya, kegiatan pelatihan, penyelesaian berbagai tugas di LMS, pembimbingan oleh pengajar praktik serta fasilitator dan instruktur menjadikan setiap calon guru penggerak mampu merencanakan program yang berdampak pada murid.

Sebagai pemimpin pembelajaran harus bisa menelusuri visi dan misi agar terwujud dengan mengarahkan dan pemanfaatan sumber daya yang ada. Berbagai program perlu dilakukan dengan perencanaan yang baik, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan. Sehingga semua orang bisa bergerak sesuai dengan tugas dan peran yang diemban.

Setiap program yang sudah diimplementasikan, pada akhirnya akan memunculkan refleksi serta rencana tindak lanjut secara berkelanjutan dan berkesinambungan untuk perbaikan secara terus menerus. Refleksi yang dilakukan pada berbagai bidang baik pada literasi, numerasi, kreativitas dan inovasi program-program yang berpihak kepada murid agar ke depan disiapkan lebih baik lagi.

Dengan moto tergerak, bergerak dan menggerakkan maka setiap CGP harus punya keinginan untuk berubah melalui ikut program guru Penggerak sehingga pada akhirnya bisa menyusun program yang bermanfaat serta berdampak pada murid agar mencapai tujuan mencapai profil pelajar Pancasila.

Di lapangan ada saja pihak, jangankan bergerak, mau tergerak pun terlihat susah. Hal tersebut sepertinya sepele tetapi dalam organisasi akan mempengaruhi ekosistem sekolah. Diperlukan sebuah motivasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dengan melakukan berbagai upaya kreatif dan inovatif. Keseluruhan program difokuskan pada program yang mendukung terwujudnya profil pelajar Pancasila. Dengan 6 elemen penting seperti beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global,  bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri.

Setelah dilakukan rancangan program yang berdampak ada murid maka CGP harus terbiasa menjadi pembelajar sepanjang hayat. Terbiasa menggerakkan berbagai ekosistem pembelajaran dan menjalin kolaborasi agar sinergi semakin kondusif. Hal ini untuk mengantisipasi perubahan yang semakin cepat dan tidak terprediksi pada awalnya. Perubahan tersebut harus disikapi walaupun ada dalam ketidakpastian tetap melakukan persiapan dan penanganan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi real di lapangan. Semua menuntut keterpaksaan tetapi pada akhirnya akan menjadi pembiasaan.

Rencana Kerja

Program Guru Penggerak Angkatan 4 Pesisir Selatan

Refleksi panen hasil belajar, paparan RK CGP, Pembuatan RK CGP dan peta dukungan, Komunikasi RK pada sejawat dan KS, RTL

DAFTAR ISI

Pemahaman bermakna

Pertanyaan Kunci

Produk

Tujuan:

Indikator Keberhasilan

Agenda

Tareget Peserta

KETERANGAN TAMBAHAN

Proses Aktivitas

Gambaran siklus Rencana, Aksi, Refleksi

Pengantar Rencana Kerja Pengembangan Diri

Daftar Istilah

DOKUMENTASI LOKAKARYA 8

Waktu: Bulan ke-8

Tema: Rencana Kerja

Refleksi panen hasil belajar, paparan RK CGP, Pembuatan RK CGP dan peta dukungan, Komunikasi RK pada sejawat dan KS, RTL

Output: RK1, Peta Dukungan, dan Strategi Komunikasi RK

Pemahaman bermakna

  1. Rencana kerja Calon Guru Penggerak (CGP) untuk mengembangkan diri dan pengembangan program.
  2. Strategi pelibatan warga sekolah dalam melaksanakan program yang berdampak pada murid

Pertanyaan Kunci

  • Apa rencana kerja Calon Guru Penggerak untuk mengembangkan diri dan program sekolah yang berdampak pada murid selama satu tahun ke depan?
  • Bagaimana strategi pelibatan warga sekolah untuk terlibat dalam program sekolah yang berdampak pada murid?

Produk

  • Dokumen rencana kerja pengembangan diri
  • Dokumen rencana kerja program sekolah yang berdampak pada murid

Tujuan:

  1. Peserta mengetahui dan berbagi perkembangan kompetensi Guru Penggerak
  2. Peserta mampu memetik pembelajaran (refleksi) dan merumuskan upaya perbaikan dari Kompetensi Guru Penggerak
  3. Peserta mampu membuat rencana pengembangan diri setelah pelatihan (1 tahun)
  4. Peserta mampu memiliki rencana pengembangan program sekolah yang berdampak pada murid (1 tahun)
  5. Peserta memiliki strategi pelibatan warga sekolah dalam program yang berdampak pada murid

Indikator Keberhasilan

  • Peserta menghasilkan rencana kerja pengembangan diri
  • Peserta menghasilkan rencana kerja pengembangan program
  • Peserta memiliki strategi pelibatan warga sekolah

Agenda

  1. Pengantar lokakarya
  2. Dimana Saya sekarang?
  3. Ambi pelajaran, lakukan perbaikan!
  4. Rencana pengembangan diri
  5. Rencana pengembangan program
  6. Strategi pelibatan warga sekolah
  7. Penutup dan Tindak Lanjut

Tareget Peserta

41 Calon Guru Penggerak dan 10 Pengajar Praktik

KETERANGAN TAMBAHAN

  • Saat pendampingan individu ke sekolah, ingatkan CGP untuk mengisi Daftar Kompetensi Guru Penggerak dan mengunggah ke LMS agar bisa dibahas di lokakarya 8.
  • Selain itu, minta CGP membawa Visi, Misi, dan Program Sekolah yang dihasilkan pada lokakarya 3 atau yang paling baru, hasil lokakarya 6 dan 7, serta pemetaan sumber daya sekolah dari paket modul daring ke-3

Proses Aktivitas

Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Barat Kemdikbudristek,  menyelenggarakan Lokakarya 8 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 di Kabupaten Pesisir Selatan pada hari Sabtu (12/11/2022).

Kegiatan dibuka secara resmi dan langsung oleh Balai GP Prov. Sumatera Barat dan turut juga hadir Kepala Seksi Disdikbud Kab. Pesisir Selatan.

Berlokasi kegiatan tersebut dikantor Dinas Pendidikan Pesisir Selatan, hadiri oleh 110 orang Calon Guru Penggerak didampingi oleh 16 orang Pengajar Praktik serta Panitia Dinas.

Rangkaian kegiatan dalam program guru penggerak Angkatan 4 Kab. Pesisir Selatan tahun 2022 sudah sampai pada tahap kegiatan lokakarya 8, adapun tema pada Kegiatan Lokakarya 8 ini yaitu Rencana Kerja, aktivitas yang dilakukan adalah perancangan program kerja pengembangan diri dan penyusunan program kerja sekolah yang berdampak pada peserta didik, kemudian memilih strategi dalam menghadapi faktor penghambat dan pendukung rancangan program. dimaknai oleh seluruh peserta sebagai wadah merenung, menggali dan menelisik kembali setiap rancangan program yang sudah dijalankan.

Guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran yang memajukan potensi murid secara holistik untuk mencapai pengembangan profil pelajar Pancasila. Dengan pembekalan yang sudah dilakukan melalui serangkaian lokakarya, kegiatan pelatihan, penyelesaian berbagai tugas di LMS, pembimbingan oleh pengajar praktik serta fasilitator dan instruktur menjadikan setiap calon guru penggerak mampu merencanakan program yang berdampak pada murid. Sebagai pemimpin pembelajaran harus bisa menelusuri visi dan misi agar terwujud dengan mengarahkan dan pemanfaatan sumber daya yang ada. Berbagai program perlu dilakukan dengan perencanaan yang baik, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan.

Setiap program yang sudah diimplementasikan, pada akhirnya akan memunculkan refleksi serta rencana tindak lanjut secara berkelanjutan dan berkesinambungan untuk perbaikan secara terus menerus. Refleksi yang dilakukan pada berbagai bidang baik pada literasi, numerasi, kreativitas dan inovasi program-program yang berpihak kepada murid agar ke depan disiapkan lebih baik lagi.

  • Memiliki visi dan misi yang jelas. Sehingga menjadi alat pencapaian tujuan.
  • Meningkatkan pemahaman terhadap permasalahan yang ada. Untuk meningkatkan pemahaman tersebut dilakukan dengan menjadi pembelajar sepanjang hayat yang literasi.
  • Penguasaan teknologi dan komunikasi perlu diperkuat baik secara mandiri maupun secara kolaborasi.
  • Menambah kejelasan dan kemampuan melihat permasalahan dengan mampu membuat keputusan yang bertanggung jawab.
  • Kelincahan baik dalam pemahaman, pengetahuan, dan kemampuan melakukan penelaahan terhadap permasalahan serta perkembangan yang terbarukan bisa menjadi sumber peningkatan kompetensi diri.

Aktivitas pembelajaran LK 8 dilaksanakan mulai pukul 09.00 s.d. 14.00 WITA, dengan kegiatan sebagai berikut:

Pengantar lokakarya

Pengantar lokakarya, meliputi kegiatan: Pembukaan dan Icebreaking, Penjelasan tujuan dan pembuatan kesepakatan kelas kemudian dilanjutkan Berbagi pembelajaran lokakarya 7

  • Dimana Saya sekarang? Meliputi Petakan posisi diri dan Berbagi cerita posisi diri
  • Ambil pelajaran, lakukan perbaikan! Meliputi Pengantar diskusi dan Diskusi Kelompok
  • Rencana pengembangan diri (Kompetensi) Meliputi Pengantar kegiatan dan Kerja Mandiri
  • Rencana pengembangan program : Pengantar Kegiatan, Kerja Mandiri serta Berbagi Hasil Rencana Kerja
  • Strategi pelibatan warga sekolah: Diskusi Strategi Pelibatan Warga Sekolah
  • Penutup dan Tindak Lanjut: Memetik Pembelajaran dan Evaluasi Lokakarya serta Kesimpulan dan Penutup

Dokumentasi

Gambaran siklus Rencana, Aksi, Refleksi

Pengantar Rencana Kerja Pengembangan Diri

  • Guru Penggerak dan Transformasi Perubahan
  • Siapa dan bagaimana perjalanan Guru Penggerak!
  • Guru Penggerak hadir untuk selalu berpihak kepada murid
  • Guru Penggerak adalah pembelajar seumur hidup
  • Guru penggerak harus percaya bahwa semua orang guru sekaligus murid dan semua tempat dapat menjadi sumber belajar.
  • Guru penggerak harus percaya bahwa untuk melakukan perubahan harus dimulai dari diri sendiri sehingga terus belajar dan melakukan perbaikan diri adalah langkah awal untuk melakukan perubahan pada lingkungan/ sekitarnya.
  • Menyusun Rencana Kerja Pengembangan Diri

 

– Rencana pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi Guru Penggerak yang terdiri dari 4 kategori utama yaitu:

  1. Mengembangkan diri dan orang lain yaitu terkait kompetensi untuk menunjukan praktik mengembangkan diri dengan kesadaran, mengembangkan kompetensi warga sekolah agar lebih berdampak pada murid, berpartisipasi aktif untuk pengembangan karir dan menunjukan kematangan serta berperilaku sesuai dengan kode etik pendidik.
  2. Memimpin Pelajaran yaitu terkait kompetensi untuk membagun lingkungan belajar yang berpusat pada murid, memimpin perencanaan dan pelaksanaan yang berpusat pada murid, memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid serta melibatkan orang tua sebagai Pengajar Praktik dan sumber belajar murid.
  3. Memimpin Pengembangan Sekolah yaitu terkait kompetensi untuk memimpin pengembangan sekolah untuk mengoptimalkan proses belajar murid dan relevan dengan komunitas sekolah serta melibatkan orang tua dan komunitas dalam pengembangan sekolah.
  4. Memimpin Manajemen Sekolah yaitu terkait kompetensi untuk memimpin upaya mewujudkan visi sekolah menjadi budaya belajar yang berpihak pada murid dan mengelola program sekolah yang berdampak pada murid.

 

– Rencana kerja yang disusun haruslah mencerminkan prinsip SMART seperti penjelasan di bawah ini:

 

  1. Specific (jelas)

– Kegiatan atau aktivitas yang dilakukan perlu jelas “apa dan bagaimana hal tersebut dilakukan!”

– Jika melibatkan banyak orang, maka penafsiran aktivitas sama bagi siapapun.

  1. Measurable (dapat diukur)

– Semua yang terlibat paham bahwa tujuan telah tercapai atau tidak

– Jelas kuantitas, kualitas, frekuensi, waktu, dan lainnya.

  1. Achievable (dapat dicapai)

– Apakah realistis dilakukan?

– Apakah orang-orang yang berkomitmen memiliki pengalaman, pengetahuan, dan kemampuan untuk melaksanakan target yang dicapai?

  1. Relevant (tujuan untuk murid)

– Apakah aktivitas atau kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan visi besar yang dirumuskan yakni sekolah yang berpihak kepada murid

 

  1. Time Oriented (target waktu)

– Masing-masing pihak yang berkomitmen memiliki target waktu penyelesaian yang jelas.

Daftar Istilah

Aksi: Kesediaan seseorang untuk melakukan perubahan atau tindakan untuk mencapai tujuan bersama

Misi: Pernyataan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai visi.

Refleksi: Proses merenungkan dan memetik pembelajaran terhadap suatu peristiwa atau kegiatan agar dapat dilakukan perbaikan pada masa yang akan datang.

SMART : Singkatan dari: Specific (jelas), Measurable (dapat diukur), Achievable (dapat dicapai), Relevant (sesuai/terkait), Time Oriented (tenggat waktu yang jelas)

Visi: Tujuan, harapan besar, cita-cita bersama yang sungguh-sungguh ingin dicapai dengan segenap usaha dan sumber daya.

 

DOKUMENTASI LOKAKARYA 8

CATATAN HASIL LOKAKARYA 8 (12 NOVEMBER 2022)
PPGP Angkatan 4 Kab. Pesisir Selatan
Tema: Rencana Kerja
Lokasi: Kantor Dinas Pendidikan

1. Peserta

Peserta Lokakarya 8 (Sabtu, 12 November 2022) adalah PP dan CGP:

PENGAJAR PRAKTIK

 

APRINALDI – SMAN 1 BATANG KAPAS

MASRI – SMAN 2 LENGAYANG

SYAMSUL MARDAN – SMKN 1 PAINAN

ZURYANA – SMKN 1 PAINAN

LILI SURYATI – SMKN 1 SUTERA

SALMIATI – SMP NEGERI 1 LENGAYANG

RAHMIYANTI – SMP NEGERI 2 LENGAYANG

ERMAIDA – SD NEGERI 17 SIMAUNG CUMATEH

DERMAWATI – SDN 02 PANCUNG SOAL

SRI REJEKI – SDN 03 LUNANG

DONNI SAPUTRA,S.PD,M.PD – SDN 12 API-API

INDRA – SDN 36 LABUHAN TANJAK

RINA MELATI – SDN 37 LUBUK GAMBIR

SITI BASYAROTUL ZANAH – TK ANAK SHALEH

LIDIA FRANSISKA – TK INSAN BANGSA

WINARYATI – TK NURUL QOMARIAH

 

Calon Guru Penggerak

No ptk_id Nama instansi
1 201500432911 Nafrizal Eka Putra SDN 14 LUNANG
2 201510830219 Kamaruzzaman SMAN 1 BASA AMPEK BALAI
3 201699558127 Charles Zulnata SMAN 1 PANCUNG SOAL
4 201502884279 Megia Lover SMAN 2 BASA AMPEK BALAI
5 201502816009 Dedelfi Putra SMAN 3 PAINAN
6 201510209835 Aprizal Putra SMKN 1 RANAH PESISIR
7 201502640394 Sri Wahyu SMKN 1 SUTERA
8 201510560914 Lira Sofnita SDN 22 KAMPUNG LUAR SALIDO
9 201901077201 Tomi Tridaya Putra SMAN 1 BASA AMPEK BALAI
10 201699443662 Pebri Elma SMAN 1 PANCUNG SOAL
11 201699604088 Asma Devi Puspita SMAN 2 PAINAN
12 201502782135 Ermaweni SMAN 3 PAINAN
13 201512220527 Nofrika Yulianti SMKN 1 RANAH PESISIR
14 201502878685 Wenni Novitasari SMKN 1 SUTERA
15 201501369566 Inda Lesmana SDN 23 TANJUNG GADANG
16 201508904901 Mesi Aryani SMAN 1 BATANG KAPAS
17 201511241491 Juliawati, S.Pd SMAN 1 RANAH PESISIR
18 201500712475 Rini Amelia SMAN 2 PAINAN
19 201502723146 Mega Susilawati SMAN 3 PAINAN
20 201501977922 Benny Adeka Putra SMKN 1 SUTERA
21 201502851946 Wilyen Pitkornelia SMKN 1 SUTERA
22 201501165510 Lativa Sasri Devi SDN 23 TANJUNG GADANG
23 201511343986 Juli Arsismen Sari, S.Pd SMAN 1 KOTO XI TARUSAN
24 201512303952 Risna Murni SMAN 1 RANAH PESISIR
25 201511651453 Delmayani SMAN 2 RANAH PESISIR
26 201699409853 Ratna Juwita SMAN 3 PAINAN
27 201500293644 Dora Papince SMKN 1 SUTERA
28 201511616968 Wiwitriani SMKN 1 SUTERA
29 201699790208 Rosman Efendi SDN 24 SURANTIH
30 201501589947 Linda Wati SMAN 1 LENGAYANG
31 201501959479 Rya Anita, S.Pd SMAN 1 RANAH PESISIR
32 201502833627 Adri Gustina SMAN 3 PAINAN
33 201502616339 Rori Fransiska SMAN 3 PAINAN
34 201500080286 Nandra Dewita SMKN 1 SUTERA
35 201510931806 Veviarosi SMP NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN
36 201699524416 Ratna Nengsih SDN 25 AMPING PARAK
37 201500155347 Rina Oktavani SMAN 1 LENGAYANG
38 201502631636 Yelliza Nursal SMAN 1 RANAH PESISIR
39 201507999067 Aswil Yuli Zikri SMAN 3 PAINAN
40 201500241562 Almes Gangga SMKN 1 KOTO XI TARUSAN
41 201506698047 Refi Jufrinaldi SMKN 1 SUTERA
42 201699778000 Popi Agusman SMP NEGERI 1 LENGAYANG
43 201699446817 Rina  Mainawati SDN 25 AMPING PARAK
44 201500633057 Tuti Kamila Sukma, S.Pd SMAN 1 LUNANG
45 201512509524 Resnawita SMAN 1 SUTERA
46 201502806380 Betta Centaury SMAN 3 PAINAN
47 201506612673 Intan Sari Ramadhani SMKN 1 PAINAN
48 201501147279 Romi Hendrix SMKN 1 SUTERA
49 201699402695 Riza Putri Ayu SMP NEGERI 1 LENGAYANG
50 201500394729 Syahrini Diana Sari SDN 29 KOTO PANJANG
51 201511116721 Neni Suryati SMAN 1 NAGARI IV BAYANG UTARA
52 201698455905 Zulpardi SMAN 1 SUTERA
53 201502852857 Darma Yunita SMAN 3 PAINAN
54 201501361102 Sisriyenti SMKN 1 PAINAN
55 201501481282 Sri Arna Nita SMKN 1 SUTERA
56 201512356479 Helmi Rosita SMP NEGERI 1 LINGGO SARI BAGANTI
57 201500167702 Yunofrizal SDN 02 PASAR BARU
58 201511332156 Edo Hamdani SDN 08 AIRPURA
59 201900633046 Galih Sudiyanto SLBN 1 LENGAYANG
60 201502611772 Milda Trisna S.Pd, SMP NEGERI 1 LUNANG
61 201501761104 Liza Nola Sari SMP NEGERI 2 BAYANG
62 201501287132 Tomi Desputra SMP NEGERI 6 KOTO XI TARUSAN
63 201698521449 Fitri Wulandari SMPN 7 SUTERA
64 201502896209 Siti Aisyah SDN 02 TERATAK TENGAH
65 201501424980 Syamsi Akrijul SDN 08 PAINAN SELATAN
66 201501129379 Nilmawati, S.Pd SMP NEGERI 1 LUNANG
67 201699432219 Zurmiyenti SMP NEGERI 2 KOTO XI TARUSAN
68 201699472598 Sepini Pitria Lina SMP NEGERI 6 SATU ATAP SUTERA
69 201502951775 Hengki Oktari Saputra SMPN 8 LINGGO SARI BAGANTI
70 201503403848 Eka Maharani Putri SDN 03 PANCUNG SOAL
71 201699493380 Megi Misa Candra SDN 08 PASAR SURANTIH
72 201510680363 Asnah SMP NEGERI 1 PANCUNG SOAL
73 201699432702 Anton Oktozen SMP NEGERI 3 PAINAN
74 201501406631 Siska Widiawati SMP NEGERI 6 SATU ATAP SUTERA
75 201502918667 Devia Wahyuli SMPN 8 SUTERA
76 201800263487 Nofri Mayasril SDN 03 PELANGAI GADANG
77 201500978530 Kartini , S.Pd.Sd SDN 10 LUNANG
78 201698374817 Ikospita Arianti SMP NEGERI 1 RANAH AMPEK HULU TAPAN
79 201699569384 Iing Rani Puspita Sari SMP NEGERI 3 SILAUT
80 201698276993 Rikko Rinaldi Mahmur SMP NEGERI I BAYANG
81 201502848827 Sri Haryuni, S.Pd TK BAKTI UTAMA
82 201511229548 Yeni Fitri SDN 04 AIR PURA
83 201500606420 Novi Zaini SDN 10 PASAR MELINTANG
84 201508012071 Ori Mellyssa SMP NEGERI 1 RANAH AMPEK HULU TAPAN
85 201502269724 Oktavera SMP NEGERI 3 SILAUT
86 201501177934 Asroninaldi SMP NEGERI I RANAH PESISIR
87 201901183346 Enggela Setiawati TK DELIMA
88 201502904352 Rahmad Fauzi Yulindo SDN 04 MUARO SAKO
89 201510014490 Eldanita SDN 12 AIR SIKAMBING
90 201502887261 Sutra Dianda SMP NEGERI 1 RANAH AMPEK HULU TAPAN
91 201512101505 Desi Nopriani SMP NEGERI 5 SATAP LINGGO SARI BAGANTI
92 201501342873 Nasma Yeni SMP NEGERI NO 3 LENGAYANG
93 201502858017 Ernawati TK N PEMBINA
94 201507313957 Wiwik Mala Derita SDN 05 ALANG RAMBAH
95 201698589801 Iskariman Tanjung SDN 12 API-API
96 201512308899 Tuti Novia SMP NEGERI 1 RANAH AMPEK HULU TAPAN
97 201699419786 Febri Yunnida SMP NEGERI 5 SATAP LINGGO SARI BAGANTI
98 201500843192 Oktri Fahmi Rani SMP NEGERI NO 4 BATANG KAPAS
99 201502812648 Kamrah Azizah TK N PEMBINA
100 201502911882 Pitri Ratna Sari PKBM MANDIRI
101 201501796026 Elvadeni SDN 07 PADANG LABAN
102 201800080234 Juli Harmet SDN 12 API-API
103 201502640828 Yopirizal SMP NEGERI 1 RANAH AMPEK HULU TAPAN
104 201698310619 Dendi Marno SMP NEGERI 6 KOTO XI TARUSAN
105 201501795423 M.Sahri Susanto SMP NEGERI NO 4 LENGAYANG
106 201510409802 Rini Suryati SDN 01 LUNANG
107 201500250168 Yulia Fitri SDN 07 TANJUNG PONDOK
108 201510556774 Gusmal Hendra SDN 14 LUNANG
109 201502117867 Irwan Uspia SMP NEGERI 2 BAYANG
110 201500878728 Silvia Handayani SMP NEGERI 6 KOTO XI TARUSAN
111 201502640046 Refni Elva Gusti SMP NEGERI NO 4 LENGAYANG
  1. Aktivitas pembelajaran
    Aktivitas pembelajaran LK 8 dilaksanakan mulai pukul 09.00 s.d. 14.00 WITA, dengan kegiatan sebagai berikut:
  • Pengantar lokakarya, meliputi kegiatan: Pembukaan dan Icebreaking, Penjelasan tujuan dan pembuatan kesepakatan kelas. Dan dilanjutkan Berbagi pembelajaran lokakarya 7
  • Dimana Saya sekarang? Meliputi Petakan posisi diri dan Berbagi cerita posisi diri
  • Ambil pelajaran, lakukan perbaikan! Meliputi Pengantar diskusi dan Diskusi Kelompok
  • Rencana pengembangan diri (Kompetensi) Meliputi Pengantar kegiatan dan Kerja Mandiri
  • Rencana pengembangan program : Pengantar Kegiatan, Kerja Mandiri serta Berbagi Hasil Rencana Kerja
  • Strategi pelibatan warga sekolah: Diskusi Strategi Pelibatan Warga Sekolah
  • Penutup dan Tindak Lanjut: Memetik Pembelajaran dan Evaluasi Lokakarya serta Kesimpulan dan Penutup

 

Pembukaan dan Icebreaking

Pembukaan dan Icebreaking

merumuskan upaya perbaikan dari Kompetensi Guru Penggerak

merumuskan upaya perbaikan dari Kompetensi Guru Penggerak

rencana pengembangan diri setelah pelatihan

rencana pengembangan diri setelah pelatihan

berbagi perkembangan kompetensi Guru Penggerak

berbagi perkembangan kompetensi Guru Penggerak

rencana pengembangan program sekolah

rencana pengembangan program sekolah

Strategi pelibatkan warga sekolah

Strategi pelibatkan warga sekolah

  1. Produk yang dihasilkan pada Lokakarya 8 adalah:
  • Dokumen rencana kerja pengembangan diri
  • Dokumen rencana kerja program sekolah yang berdampak pada murid

Tujuan belajar Lokakarya 8 adalah:

  1. Peserta mengetahui dan berbagi perkembangan kompetensi Guru Penggerak
  2. Peserta mampu memetik pembelajaran (refleksi) dan merumuskan upaya perbaikan dari Kompetensi Guru Penggerak
  3. Peserta mampu membuat rencana pengembangan diri setelah pelatihan (1 tahun)
  4. Peserta mampu memiliki rencana pengembangan program sekolah yang berdampak pada murid (1 tahun)
  5. Peserta memiliki strategi pelibatan warga sekolah dalam program yang berdampak pada murid
  6. Ketercapaian Tujuan BelajarPelaksanaan Lokakrya 8 telah mencapai tujuan belajar karena telah memenuhi Indikator keberhasilan sebagai berikut:
  • Peserta menghasilkan rencana kerja pengembangan diri
  • Peserta menghasilkan rencana kerja pengembangan program
  • Peserta memiliki strategi pelibatan warga sekolah
  1. Kesimpulan dan Refleksi pembelajarana. Kesimpulan:Lokakarya 8 atau Rencana Kerja berjalan dengan sangat baik dan lancar serta tertib karena peserta terlibat secara aktif pada semua sesi kegiatanb. RefleksiHal yang sudah baik dalam kegiatan ini adalah semangat berbagi dan berkolaborasi dari semua CGP sangat baik. CGP mengikuti rangkaian kegiatan dengan baik tetapi tetap menjaga solidiritas komunitas ini.

Sampai jumpa pada lokakarya 9

Salam Penggerak

Salam Penggerak


Eksplorasi konten lain dari Mitra Guru

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Post Terkait

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

KELUAR
wpChatIcon
wpChatIcon

Eksplorasi konten lain dari Mitra Guru

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca